Jam

Rabu, 02 Februari 2011

Cara menggunakan fb yang baik dan benar


Apa hubungannya. Anda pasti sudah dengar pemberitaan di banyak media massa, tentang pergaulan yang salah akibat juga salah pilih teman. Korban FB Indonesia sendiri  tidak terhitung yang diketahui maupun tidak diketahui publik. Seperti kasus anak perempuan di bawa lari oleh laki-laki yang cuma dikenal via FB. ADD FRIEND-CONFIRM-KENAL-CHAT-JANJIAN-KOPI DARAT-KABUR dech…. Naudzubillah!
Tentu anda tidak ingin kan hal negative tidak diinginkan, muncul. Karuan saja di Inggris angka penyakit sipilis melonjak pesat akibat peran FB.
Lepas dari itu FB, juga punya pengaruh sisi yang luar biasa baik, diantaranya mempertemukan keluarga, teman, anak, orang tua yang jauh, berbagai group/ page yang positif dan membangun. Itu masing-masing orang memilih baiknya/ buruknya FB.
Pengguna baru khusus pelajar/ remaja mencoba yang aneh-aneh hingga akhirnya seperti kasus jelek di atas. Mereka masih rawan mental mencari sosok diri.
Saya coba memberikan arahan bagaimana menggunakan FB yang baik dan benar, terutama user baru, dan user lama. Kenapa?, kalo kita terlalu asyik-masyuk di FB kegiatan lain akan terbengkalai, makan update status,tidur ingat FB,  mandi tulis status, sampai (maaf) berakpun buka FB. Ibu membiarkan anaknya nggak terurus. Suami mulai genit dengan mantannya. Semoga hal jelek ini tidak anda contoh.
  • Gunakan bahasa yang baik dan sopan ketika menulis status.
  • Pilihlah teman yang betul-betul anda kenal/ lihat dulu profil lengkapnya. Karena teman menentukan karakter seorang.
  • Tulis komentar yang sopan tidak menghujat, makian, cacian dan berbau SARA. Bila terpaksa sampaikan dengan bijak
  • Jika anda pengusaha/ pembuat ide buatlah Page/group yang baik dan tidak memaksa
  • Berikan status yang bermanfaat, membangun semangat, nasehat yang baik, kata bijak tapi jangan lebay.
  • Jika anda menjual di FB berikan penawaran kepada teman anda dengan baik, jangan SPAM, memaksa dan Iklan melulu. Berikan tips dan manfaat sehingga membius pembeli kenapa mereka harus membeli produk anda
  • Jangan memaksa teman yang tidak mau berteman/ add friend dengan anda.
  • Jangan berlama-lama di FB, karena akan membuang waktu dan uang anda jika di warnet.
  • Gabunglah dengan Page/ Groups yang bermanfaat. Tidak mengandung unsur  teroris, kejahatan, senjata api, seksual, SARA dan sejenisnya.
  • Pantau perkembangan FB anda mungkin ada hal yang mencurigakan, merusak nama baik anda.
  • Anda seorang karyawan/ bawahan kantor. Hati-hati dengan status anda yang mungkin menyinggung atasan/ kantor.
Silahkan kalau mau nambahin !. Point di atas setidaknya mewakili sedikit tips aman bermain di FB. Sebab FB perekembangannya yang sangat pesat member sisi baik dan buruk. Sekarang terserah anda mau memilih yang mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar